Sepakbola merupakan olahragayang sangat populer di dunia. Anak-anak hingga orang tua menyukai olahraga satu ini. Penggemarnya yang bejibun dan tersebar seantero dunia itu, menjadikan sepakbola lebih dari olahraga. Jika berbicara masalah sepak bola, tentunya bukan hanya permainannya saja yang aktraktif dan memikat. Sehingga banyak orang di muka bumi ini yang begitu terpesona. Dan juga bukan hanya sekedar games kesebelasan vs kesebelasan yang saling mengadu teknik merebutkan sebuah bola. Tetapi ternyata dibalik pesona sepak bola menyimpan potensi bisnis yang sangat-sangat prospektif.
Memang diakui atau tidak, sepak bola telah menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Banyak peluang bisnis yang kita kembangkan di seputar sepakbola. Salah satunya merchandise atau pernak-pernik klub sepakbola ternama, baik itu sepakbola nasional maupun internasional. Banyak suporter mencari merchandise yang berkaitan dengan sepakbola. Sehingga, menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan untuk dikembangkan.
Konsumen
Target pasar bisnis merchandise bola adalah para penggemar klub sepakbola dalam negeri maupun klub – klub luar negeri. Dari mulai anak – anak sampai orang tua, banyak yang mengoleksi pernak – pernik sebuah klub sepakbola.
Info bisnisTarget pasar bisnis merchandise bola adalah para penggemar klub sepakbola dalam negeri maupun klub – klub luar negeri. Dari mulai anak – anak sampai orang tua, banyak yang mengoleksi pernak – pernik sebuah klub sepakbola.
Banyak sekali merchandise yang bisa dikembangkan untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Ragam atribut klub sepakbola meliputi kaos, syal, bendera, topi, stiker, dll menjadi barang-barang primadona yang banyak dicari para penggermar atau supporter sepakbola. Untuk atribut sepakbola yang paling gampang kita temui adalah kaos berlogo kesebelasan tertentu. Banyak toko menjajakan kaos klub-klub nasional maupun dunia, khususnya klub Eropa.
Harga pernak pernik yang biasa dijual bervariasi, harga kaos, misalnya, Rp 35.000, syal Rp 40.000, stiker Rp 5.000, gantungan ID card Rp 1.000, dan pin Rp 5.000. Bila penjualan sedang ramai, dalam sebulan, omzet para penjual merchandise tersebut bisa mencapai Rp 5 juta. Jika sedang sepi omzet mereka masih mendapat uang sekitar Rp 3 juta per bulan. Begitu menurut beberapa pedagang merchandise yang berjualan di pusat kota Jogja.
Kelebihan bisnis
Menjalankan bisnis ini sangatlah menguntungkan, karena penggemar bola sangatlah banyak. Selain itu seringnya event pertandingan sepakbola seperti event worldcup yang diadakan rutin tahunan, memberikan keuntungan omset yang berlipat lipat. Maka tak heran jika banyak penggemar bola yang mencoba menjalankan bisnis ini, karena keuntungannya cukup besar.
Menjalankan bisnis ini sangatlah menguntungkan, karena penggemar bola sangatlah banyak. Selain itu seringnya event pertandingan sepakbola seperti event worldcup yang diadakan rutin tahunan, memberikan keuntungan omset yang berlipat lipat. Maka tak heran jika banyak penggemar bola yang mencoba menjalankan bisnis ini, karena keuntungannya cukup besar.
Kekurangan bisnis
Dalam menjalankan bisnis merchandise bola, yang menjadi kendala utama adalah besarnya persaingan bisnis. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ini, bahkan diantara mereka sudah banyak yang menjual produk asli dari klub – klub luar negeri. Sehingga bila Anda tidak kreatif dan inovatif dalam memilih produk, kesempatan untuk memenangkan persaingan bisnis sangat kecil.
Dalam menjalankan bisnis merchandise bola, yang menjadi kendala utama adalah besarnya persaingan bisnis. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ini, bahkan diantara mereka sudah banyak yang menjual produk asli dari klub – klub luar negeri. Sehingga bila Anda tidak kreatif dan inovatif dalam memilih produk, kesempatan untuk memenangkan persaingan bisnis sangat kecil.
Pemasaran
Promosi yang sering digunakan untuk memasarkan binsis merchandise bola yaitu dengan menggelar dagangan pada saat ada pertandingan bola. Cara ini lebih efektif, karena supporter yang datang untuk mendukung klub mereka selalu mencari atribut untuk mendukung klub idolanya.
Promosi yang sering digunakan untuk memasarkan binsis merchandise bola yaitu dengan menggelar dagangan pada saat ada pertandingan bola. Cara ini lebih efektif, karena supporter yang datang untuk mendukung klub mereka selalu mencari atribut untuk mendukung klub idolanya.
Selain itu pemasaran juga dapat dilakukan dengan membuka kios atau toko khusus merchandise bola. Anda bisa menyewa lokasi usaha yang strategis dan ada di pusat keramaian seperti mall, pusat perbelanjaan atau di gedung olahraga. Sehingga konsumen mengetahui keberadaan bisnis Anda.
Promosi juga bisa dilakukan dengan memasarkannya melalui media online. Beberapa toko online yang menawarkan merchandise bola, ternyata banyak dikunjungi konsumen dari berbagai daerah. Ini dapat Anda gunakan untuk mengenalkan produk merchandise bola kepada masyarakat luas.
Kunci sukses
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis ini adalah kelengkapan produk. Semakin lengkap produk merchandise klub bola yang Anda tawarkan, maka semakin besar loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Disamping itu jaga kualitas produk yang Anda tawarkan, misalnya dengan menjual produk original, jika Anda menjual produk imitasi maka sampaikan secara jujur kepada konsumen. Hal ini untuk menghindari adanya kekecewaan dari konsumen yang membeli produk Anda.
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis ini adalah kelengkapan produk. Semakin lengkap produk merchandise klub bola yang Anda tawarkan, maka semakin besar loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Disamping itu jaga kualitas produk yang Anda tawarkan, misalnya dengan menjual produk original, jika Anda menjual produk imitasi maka sampaikan secara jujur kepada konsumen. Hal ini untuk menghindari adanya kekecewaan dari konsumen yang membeli produk Anda.
Analisa Ekonomi Modal Awal Tempat Rp 5.000.000 Membeli kaos, syal, stiker Rp 10.000.000 Rak dan gantungan kaos Rp 3.000.000 Lemari etalase Rp 4.000.000+ Total Rp 22.000.000 Biaya Operasional Membeli stock produk Rp 5.000.000 Gaji pegawai @800.000 Rp 1.600.000 Listrik dan promosi Rp 500.000+ Total Rp 7.100.000 Omzet per bulan Omset per hari rata – rata Rp 300.000 Maka omset per bulan Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000 Laba per bulan Rp 9.000.000 - Rp 7.100.000 = Rp 1.900.000 ROI (Return of Investment) (modal awal : laba bersih per bulan) = ± 1 tahun
Source : http://www.detiksport.com
Proposal Usaha Terkait :
Proposal Usaha Fitness Centre
Proposal Usaha Toko Busana Muslim
Proposal Usaha Toko Futsal
No comments:
Post a Comment